MENJADI SEKOLAH BERKARAKTER

image

MEMILIH DENGAN SADAR
Sadar atau tidak apapun yang kita alami adalah konsekuansi dari yang kita pilih untuk dilakukan. Banyak terjadi penyesalan sejatinya timbul dari ketidak sadaran dengan pilihan yang dilakukannnya. Maka pantas ketika Allah menyebut orang yang tidak mengikuti tuntunan para utusannya sebagai orang yang tidak sadar dengan perbuatannya. Karena bagi mereka yang memilih dengan sadar tidak mungkin dia akan mengambil resiko yang besar ketika tidak mengikuti tuntunan dari Tuhannya.

MEMILIH DENGAN NILAI

Pilihan seseorang terletak dari tata nilai yang dianutnya. Tata nilai yang dianut ini akan membentuk pola pilihan yang akan diambilnya. Kumpulan pilihan yang dilakukannya akan menunjukan karakter orang tersebut. Maka seseorang bisa disebut berkarakter ketika dia memiliki tata nilai yang akan menjadikan referensi bagi dirinya memilih dalam hidup dan kehidupannya.

TATA NILAI BAGI SEKOLAH KARAKTER

Sekolah bisa disebut sekolah karakter ketika sekolah tersebut memiliki dan memilih tata nilai yang dia belajar dan mengajarkannya. Tata nilai inilah yang akan diwariskan dan diajarkan serta dipelajari oleh segenap pembelajar di sekolah tersebut. Konsistensi warga sekolah dalam memegang teguh tata nilai inilah yang menjadikan sekolah ini menjadi sekolah yang memiliki karakter tertentu sesuai tata nilai yang dianutnya. Karakter inilah yang akan menjadi cirikhas dan identitas dari sekolah yang bersangkutan.

KARAKTER TAUHIID
Karakter Tauhiid adalah salah satu dari sekian banyak tata nilai yang bisa dipilih oleh sebuah lembaga pendidikan untuk membentuk karakter sekolahnya. Karakter Tauhiid yang lahir dari pembumian nilai-nilai keikhlasan dimana hidup hanya dipersembahkan dalam rangka pengabdian kepada yang memiliki kehidupan akan menjadi pegangan bagi lembaga tersebut untuk menetapkan pilihannya. Setidaknya ada 5 dasar tata nilai karakter Tauhiid, yakni:
1.    Keikhlasan
2.    Kejujuran
3.    Adil
4.    Tanggung Jawab
5.    Santun
Pertama, keikhlasan sebagai inti dari karakter Tauhiid yakni memurnikan apa yang dilakukannya hanya untuk Tuhannya. Kedua, Kejujuran merupakan bentuk pembenaran dari apapun yang dibawa oleh Allah SWT melalui para utusannya akan melahirkan generasi yang berserah diri dengan hukum dan ketetapan RabbNya. Ketiga, Adil sebagai tata nilai dalam menimbang segala hal dengan timbangan keadilan sebagai nilai yang lahir dari kedalaman ilmu dan kesungguhannya untuk berpikir ilmiah. Keempat, Tanggung Jawab merupakan dasar karakter tauhiid dimana dia memperhatikan apapun pilihannya memiliki dampak yang baik untuk dirinya dan orang lain dikemudian hari, terakhir dasar yang kelima adalah santun ketika pilihan yang ditetapkan diyakini  tidak menimbulkan efek jelek yang lebih besar baik untuk dirinya maupun untuk orang lain.

REKOMENDASI PILIHAN
Dalam memilih nilai sebagai pembentuk karakter, yang akan dipelajari dan diajarkan oleh sebuah lembaga pendidikan tergantung dari pilihan sekolah tersebut mengenai tata nilai apa yang akan diwariskan bagi seluruh warga pembelajarnya. Yang terpenting tentunya pilihan itu dilakukan dengan sadar dengan hitungan konsekuensinya agar tidak menjadi penyesalan dikemudian hari, bagi kita yang memiliki keyakinan adanya kehidupan sesudah kehidupan dunia ini yang sifatnya kekal tentu perlu memPERHatikan jangan sampai pilihan kita akan menyengsarakan hidup kita diakhirat kelak. Wallahu a’lam.

Tue, 17 Oct 2017 @01:49